Senin, 15 Desember 2014

80 Proyek PLTS dilelang ESDM

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya menekan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan melakukan pelelangan 80 proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Total kapasitas pembangkit mencapai 140 megawatt (mw).



Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM, Alihudin Sitompul, mengatakan PLTS ini tidak akan sepenuhnya menggantikan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

"Tidak full subtitusi karena PLTS sangat tergantung alam makanya tidak bisa jadi kapasitas yang diandalkan. Kesepakatan kami dengan PLN harus pakai kuota kapasitas," kata Alihudin di Jakarta, Senin (14/04).

Alihudin menuturkan penghematan BBM dengan PLTS yang didapat bisa mencapai 68.040 kilo liter (kl) per tahun atau setara dengan Rp 680,4 miliar (dengan asumsi 1 liter solar = Rp 10.000). Asumsi ini diperoleh dengan perhitungan PLTS kapasitas 1 mw beroperasi selama 4,5 jam maka mampu menghasilkan daya 4500 kWh per hari. Apabila menggunakan PLTD maka membutuhkan 0,3 liter per kWh.

"Penghematan dengan PLTS per harinya sekitar 1.350 per liter BBM. Ini untuk satu MW," ujarnya.
Dikatakannya, proyek PLTS ini berada di luar pulau Jawa antara lain di kawasan Indonesia bagian Timur, Sumatera maupun daerah terpencil. Dia menyebut PLTS ini bisa beroperasi di 2015. Pasalnya Kementerian ESDM baru menetapkan 7 pemenang lelang untuk 7 lokasi PLTS. Proses pembangunan memakan waktu berkisar 8-18 bulan pasca tandatangan perjanjian jual beli listrik (Purchase Power Agreemnet/PPA).

"Saat ini proses PPA dengan 7 pemenang lelang sedang berlangsung," ujarnya.

Sumber : http://www.beritasatu.com/ekonomi/177754-esdm-lelang-80-proyek-plts.html
Description: 80 Proyek PLTS dilelang ESDM
Rating: 4.5
Reviewer: Pagar Brc
ItemReviewed: 80 Proyek PLTS dilelang ESDM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar