Rabu, 15 Januari 2014

DKI Akan Bangun Jalan Layang Khusus Transjakarta

Pembangunan dua ruas jalan dari enam ruas jalan toll JORR akan mulai dibangun tahun ini oleh PT Jakarta Tollroad Developement (JTD).


Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudi Siahaan memastikan pembangunan dua ruas jalan tol akan dibangun dari koridor Timur hingga Barat.



Info Proyek Jakarta 2014, Pembangunan, Jalan Layang, Transjakarta


Dua ruas toll yang akan dibangun adalah ruas tol Semanan-Sunter dan dari Sunter hingga Pulogebang yang direncanakan dimulai pertengahan 2014 dan selesai pada 2017. “Pembangunan jalan tol ini akan terus kami matangkan,”ujarnya di Balai Kota, Jumat (10/1).

Dia menambahkan dua ruas jalan tol yang akan dibangun menjadi prioritas karena menjadi jaringan inner ring road di Jakarta. Diharapkan, dua ruas jalan tol ini dapat mengurai kemacetan dan dibutuhkan manajemen transportasi.


“Yang pasti Kementrian Pekerjaan Umum sudah mau mengakomodasi permintaan pemprov untuk menjadikan satu ruas jalan toll untuk bus transportasi massal,”jelasnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menambahkan akan membangun jalan layang khusus transportasi umum yang terhubung dengan ruas jalan toll. Jalan layang ini nantinya akan dibangun melingkar (loop line) untuk transportasi massal dan angkutan barang.
Mantan bupati Belitung Timur ini mengatakan nantinya akan dibangun 19 titik halte untuk menaikan dan menurunkan penumpang pada loop line khusus bus ini. “Kami akan segera membangun koridor 13 (Blok M hingga Pondok Kelapa) dan koridor 14 terlebih dahulu (Stasiun Manggarai – Universitas Indonesia),” tuturnya.

Penyediaan satu ruas jalan toll untuk bus transportasi umum merupakan langkah Pemprov DKI untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Pemprov menginginkan agar warga luar Jakarta yang ingin ke Jakarta tidak perlu menggunakan mobil pribadi.


SUMBER
Description: DKI Akan Bangun Jalan Layang Khusus Transjakarta
Rating: 4.5
Reviewer: Pagar BRC
ItemReviewed: DKI Akan Bangun Jalan Layang Khusus Transjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar